Terima Kunjungan Duta Besar Jepang, Ridwan Kamil Paparkan Potensi Jabar

Admin Kerja Sama / 09 February 2022 04:50

Terima Kunjungan Duta Besar Jepang, Ridwan Kamil Paparkan Potensi Jabar

KOTA BANDUNG – Gubernur Ridwan Kamil menerima kunjungan resmi dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia, H.E Kanasugi Kenji di kediaman dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (03/02/2022).

Dalam kunjungannya, Dubes Kanasugi didampingi oleh First Secretary dan Third Secretary menyampaikan beberapa poin penting terkait kerja sama, khususnya dalam masa pandemi.

Dubes Kanasugi menyampaikan perhatiannya pada kasus Covid-19 yang mulai meningkat akhir-akhir ini. Beliau menyampaikan bahwa sekitar 260 warga negara asing asal Jepang yang tinggal di Indonesia tidak luput dari pandemi tersebut dan 26 orang diantaranya meninggal dunia.

Oleh karena itu, Dubes Kanasugi meminta kepada Gubernur Ridwan Kamil untuk turut memperhatikan warga negara Jepang yang kebanyakan tinggal di Jawa Barat dalam hal pemberian vaksin dan fasilitas sarana rumah sakit yang dapat di akses oleh warga Jepang.

Dalam pertemuan ini Dubes Kanasugi juga menyampaikan seberapa pentingnya Kota Bandung bagi sejarah negara Jepang.

Sejak diundang dalam Kongres Asia Afrika pada tahun 1955, negara Jepang mulai aktif dalam hubungan internasionalnya hingga akhirnya diundang untuk bergabung dalam United Nations pada tahun 1956.

Gubernur Ridwan Kamil menyambut baik kedatangan Dubes Kanasugi dan menyampaikan beberapa potensi yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat, antara lain Energi Terbarukan (Renewable Energi), Energi Panas Bumi (Geothermal), Implementasi Teknologi di daerah perdesaan, Electronic Vehicle, daur ulang sampah plastik dan juga sektor otomotif yang menjadi unggulan negara Jepang di Dunia.

Gubernur Ridwan kamil menawarkan untuk merevitalisasi sirkuit sentul yang berada di Kabupaten Bogor sehingga dapat dimanfaatkan kembali dan memiliki nilai tambah bagi upaya promosi industri otomotif yang dimiliki negara Jepang.

Pada akhir pertemuannya, Dubes Kanasugi menyambut baik usulan kerja sama yang ditawarkan oleh Gubernur Ridwan Kamil dan menyampaikan bahwa Indonesia dan Jepang merupakan negara yang saling melengkapi dilihat dari demografis penduduk dan berharap agar dapat berjalan bersama untuk membangun masa depan.