West Java Partnership Day: Sebuah Perayaan atas Capaian Kolaborasi Pembangunan

Admin Kerja Sama / 18 September 2023 04:48

West Java Partnership Day: Sebuah Perayaan atas Capaian Kolaborasi Pembangunan

“West Java Partnership” bukan sekadar tagline melainkan semangat yang digagas Pemeritah Provinsi Jawa Barat sebagai inspirasi yang memotivasi berbagai kolaborasi pemntahelix melalui kerja sama baik dengan berbagai mitra baik dalam negeri, luar negeri maupun swasta dalam mewujudkan berbagai kemajuan pembangunan dan kesejahteraan yang tertuang dalama visi Jabar Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi. akademisi, badan usaha, organisasi kemasyarakatan dan instansi vertikal yang memiliki maksud dan tujuan yang sama yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Sebagai bentuk aktualisasi West Java Partneship terutama dalam rangka bagian dari rangkaian refleksi capaian berbagai kerja sama pembanguan periode Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2018 s.d. 2023 serta sebagai apresiasi untuk mitra kerja sama strategis Pemdaprov Jabar, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah akan mengadakan “West Java Partnership Day (WJP Day)” pada Hari Sabtu s.d. Minggu, 2 s.d. 3 September 2023 di Halaman Gedung Sate, Bandung.
Sejalan dengan Visi dan Misi Provinsi Jawa Barat tersebut, West Java Partnership (WJP) Day 2023 hadir sebagai salah satu bentuk implementasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang inovatif dan kepemimpinan yang kolaboratif antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. WJP Day 2023 merupakan kegiatan tahunan dengan format Exhibition dan Festival yang menyuguhkan kaleidoskop kerja sama-kerja sama yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam kurun waktu 5 tahun atau pada saat kepemimpinan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum. Selain itu, kegiatan ini juga akan menginformasikan berbagai capaian yang telah diraih sehingga masyarakat dapat mengetahui program-program yang telah diimplementasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Jawa Barat.
Yang menarik dari event ini, sebagai salah satu bentuk implementasi dari kepemimpinan yang kolaboratif antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, WJP Day 2023 akan menyuguhkan berbagai macam talkshow terkait implementasi Kerja Sama Luar Negeri, Kerja Sama Dalam Negeri dan Kerja Sama dengan Pihak Ketiga dari mulai tema Pendidikan Luar Negeri hingga Peluang Kerja dalam dan Luar Negeri dengan harapan masyarakat dapat ikut serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan dan dapat merasakan langsung manfaat dari berbagai talkshow dimaksud. Selain mengikuti talkshow dengan narasumber yang tentunya kompeten dan remarkable, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner dari negara-negara yang telah menjadi mitra luar negeri Provinsi Jawa Barat.
WJP Day 2023 merupakan kegiatan yang akan dilaksanakan secara luring dengan menyuguhkan art performance dan ceremonial. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga akan berfokus pada pameran yang akan menampilkan kerja sama-kerja sama yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan berupa Partnership Exhibition dan Partnership Festival dengan rincian kegiatan dan fasilitas sebagai berikut:
 
a.  Kaleidoskop
b.  Interactive Booth
c.   Scholarship Talkshow
d.  Career Talkshow
e.  K-POP Dance Cover
f.    Coswalk Competition
g.  Live Music
h.  Food Truck
 
Tujuan dari diselenggarakannya event ini antara lain :
a.    meningkatkan kolaborasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
b.    meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait program-program yang dihasilkan dari kerja sama yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.
c.     menyediakan kesempatan bagi masyarakat Jawa Barat untuk mendapatkan informasi terkait Pendidikan dan Pekerjaan.
d.    menggali potensi dan peluang kerja sama lainnya.
e.    mengakselerasi pertumbuhan dan stimulus terhadap perekonomian Jawa Barat.